Langsung ke konten utama

MENGENAL MACAM MACAM PORT

 


MENGENAL MACAM-MACAM PORTS


APA ITU PORTS

Ports adalah suatu mekanisme yang memungkinkan sebuah komputer terhubung dengan beberapa sesi koneksi dengan komputer dan program lainnya dalam siatu jaringan. Setiap port miliki proses dan layanan yang tertentu. 

port memungkinkan suatu komputer dapat membedakan antara berbagai jenis trafik, misalnya email yang masuk ke port yang berbeda dari halaman web.

Berikut macam-macam port

1. Mac Serial

Mac serial berfungsi untuk mengedintifikasi  sebuah perangkat keras alfanumerik untuk sebuah perangkat yang terhubung ke internet.


2. Apple Dekstop Buss - ADB

Apple dekstop buss - ADB adalah sebuah bus serial usang dan berkecepatan rendah yang digunakan untuk menghubungkan sebuah perangkat input seperti keyboard atau mouse ke sebuah komputer pribadi (PC). 


3. Modem RJ-11

Modem RJ-11 adalah sebuah kabel yang digunakan pada VoIP untuk menghubungkan antar muka FXS dan FXO pada router ke perangkat komunikasi seperti telepon atau PBX. 

Standar RJ11 menggunakan dua kabel untuk komunikasi telepon analog : satu untuk penerima (ring) dan yang lain sebagai pengirim (tip).


4. Ethernet 8P8C

Ethernet 8P8C adalah sebuah perangkat yang menggunakan suatu koneksi, yang memanfaatkan jenis kabel tertentu untuk terhubung, mengirim dan menerima data dengan perangkat jaringan lainnya, serta untuk mendapatkan akses ke jaringan yang lebih luas seperti internet. Fungsi ethernet terdapat pada LAN, di mana menghubungkan komputer pada satu area.


5. Fireware 800

Fireware adalah sebuah kabel yang hanya dapat menyediakan panjangan kabel antara komputer-dengan-alat maupun alat-dengan-alat sampai maksimal sejauh 100 meter. 


6. Fireware 400

Fireware 400 adalah Ini adalah versi pertama yang dikembangkan oleh Apple pada tahun 1995. Selain itu, memiliki kecepatan transfer data antara 100-400 Mbps.


7. Fireware 4 pin

Fireware 4 pin sama dengan Fireware 400 Fireware 4 pin adalah versi pertama yang dikembangkan oleh Apple pada tahun 1995. Selain itu, memiliki kecepatan transfer data antara 100-400 Mbps.


8. USB A

USB A adalah jenis USB paling populer dan bisa kamu lihat pada kabel USB lain di ujung yang berbeda. Port untuk USB tipe A bisa ditemukan pada komputer, pemutar media, dan konsol gim.


9. Optical Audio Toslink

Optical audio toslink adalah sebuah kabel yang terbuat dari bahan fiber optik yang terpercaya dan dapat menghantarkan data dengan baik. Material ini mampu mengantarkan data suara dengan stabil, jernih, dan konsisten.


10. E-SATA

e-SATA adalah Singkatan dari “Lampiran Teknologi Lanjutan Serial Eksternal.” Esata adalah variasi antarmuka SATA yang mendukung perangkat penyimpanan eksternal.

Itu distandarisasi pada tahun 2004 dan menggunakan pin yang sama dan protokol yang sama dengan SATA internal.

Namun, ini memberikan konektor yang sedikit berbeda, lebih kasar.

Standar ESATA juga mendukung panjang kabel dua meter dibandingkan dengan panjang kabel satu meter yang didukung oleh SATA.

Karena Esata menggunakan protokol yang sama dengan SATA, drive Esata menawarkan laju transfer data berkecepatan tinggi yang sama dengan dan drive SATA internal.

Misalnya, drive ESATA 3.0 dapat mentransfer data pada 6 Gbps atau 4,8 Gbps, dengan mempertimbangkan proses pengkodean data.

Ini secara signifikan lebih cepat dari Firewire 800 (800 Mbps) dan USB 2.0 (480 Mbps) dan setara dengan USB 3.0 (5 Gbps).

Karena ESATA menawarkan kecepatan transfer yang cepat, itu telah menjadi antarmuka hard drive eksternal yang populer yang digunakan oleh editor video, produser audio, dan profesional media lainnya.

Sementara ESATA adalah salah satu antarmuka tercepat yang tersedia, itu dilampaui oleh kedua Thunderbolt (10 Gbps) dan Thunderbolt 2.0 (20 Gbps), yang merupakan alternatif untuk ESATA.

ESATAP tidak seperti Firewire, USB, dan Thunderbolt, antarmuka Esata tidak memberikan daya pada perangkat yang terhubung.

Oleh karena itu, semua drive yang terhubung melalui ESATA harus menyertakan konektor daya terpisah untuk menyediakan listrik ke perangkat.

Variasi Esata, yang disebut ESATAP atau ESATA USB Hybrid Port (EUHP), menggabungkan empat pin USB dan dua pin daya 12 volt ke konektor Esata.

Port ESATAP mendukung konektor ESATA dan USB.

Ini memungkinkan perangkat yang terhubung untuk menarik daya dari catu daya komputer, menghilangkan kebutuhan akan kabel daya yang terpisah.


11. DE-9 Serial RS232

DE-9 serial RS232 adalah antarmuka komunikasi serial yang melaluinya transfer informasi masuk atau keluar sedikit demi sedikit (berbeda dengan port paralel ). Sepanjang sebagian besar sejarah komputer pribadi, data ditransfer melalui port serial ke perangkat seperti modem, terminal , dan berbagai periferal.


12. DB-25 Serial/Com port

DB-25 serial/com port adalah bagian dari keluarga konektor dan soket konektor sub miniatur (D-Sub) untuk komputer dan perangkat komunikasi. DB-25 adalah konektor listrik 25-pin untuk port komputer serial dan paralel. Ini disusun dalam dua baris dengan satu baris 13-pin di atas baris 12-pin lainnya.Konektor DB-25 digunakan untuk paralel, antarmuka sistem komputer kecil (SCSI), atau aplikasi serial RS-232. Dalam aplikasi paralel, konektor DB-25 dikenal sebagai konektor IEEE-1284 Tipe A.


13. DE-9F

DE-9F adalah merupakan salah satu port yang digunakan sebagai media komunikasi secara serial (data yang dikirim per bit) DTE.Data yang dikirim memalui port serial lebih lambat dibandingkan ketika kita menggunakan port karena port pararel bias mengirimkan data langsung 8 bit. 


14. PS/2

PS/2 merupakan port khusus yang digunakan untuk menghubungkan keyboard dan mouse khususnya pada jenis komputer lama. Port jenis ini memiliki enam pin dan berbentuk lingkaran.


15. DVI Video

DVI video merupakan interface video display yang dikembangkan oleh Digital Display Working Group (DDWG). Interface digital ini digunakan untuk menghubungkan sumber video, seperti kartu grafis ke perangkat layar, seperti monitor komputer. Tipe ini dikembangkan dengan tujuan untuk bisa menciptakan standar industri untuk transfer konten video digital yang jauh lebih lengkap.

Port ini digunakan untuk menghubungkan sumber video ke perangkat tampilan video, seperti monitor komputer. 


16. AT Keyboard

AT keyboard merupakan perangkat keras pada komputer atau laptop yang berfungsi sebagai alat untuk input data berupa huruf, angka, dan simbol. Fungsi keyboard komputer dan laptop tentu sangat penting mengingat sebagian perintah berupa teks dan kontrol lain dimasukkan ke dalam sistem komputer melalui keyboard.Selain huruf, angka, tanda baca, dan simbol, tombol pengetikan juga menyertakan Shift, Caps Lock, Tab, Enter, Space Bar, dan Back Space. Tekan Shift yang dikombinasikan dengan huruf untuk mengetik huruf besar.


17. Centronics SCSI 50pin

Centronics SCSI 50pin digunakan untuk koneksi bus berkecepatan tinggi antara komputer kecil dan periferal cerdas seperti printer paralel, hard disk dan drive CD ROM, Transmisi kecepatan tinggi dan integritas data mission-critical yang terkait dengan aplikasi SCSI.


18. Centronics Parallel 36pin

Centronics parallel 36pin umumnya digunakan untuk menghubungkan perangkat scanner dan printer. Pada jenis port ini dapat mengirim data secara bersamaan sehingga informasi yang terkirim lebih banyak. Kecepatan transfer datanya juga lebih tinggi daripada port seri.


19. DE-15/port VGA

Port VGA adalah konektor standar yang digunakan untuk output video komputer. Berasal dari IBM PS/2 tahun 1987 dan sistem grafis VGA-nya, konektor 15-pin menjadi umum di PC, serta banyak monitor, proyektor, dan perangkat televisi definisi tinggi.


20. Digital Audio RCA

Digital audio RCA adalah sebuah konektor yang biasanya digunakan untuk menyambungkan peralatan audio dan video, seperti pemutar DVD, VCR, dan reciver stereo, ke speaker atau televisi. Kabel RCA mengirimkan sinyal audio dan video analog melalui satu kabel dengan dua atau tiga konektor.


21. Stereo

Tujuan utama sistem suara stereo adalah mereproduksi suara dalam dua saluran terpisah, memberikan informasi dan kedalaman spasial kepada pendengar. Sistem suara stereo biasanya digunakan dalam sistem audio rumah, rekaman musik, dan siaran radio.stereo adalah reproduksi dari suara yang menggunakan lebih dari satu saluran suara dan melalui sebuah susunan konfigurasi pengeras suara yang simetris serta bertujuan untuk mendapatkan suara yang natural.


22. Surround Sound

surround sound merupakan teknik memperkaya kualitas pemutaran suara dari sumber audio dengan kanal audio tambahan dari pengeras suara yang mengitari pendengar (kanal kitar). Awalnya, suara kitar hanya digunakan di bioskop.Saat menonton film atau mendengarkan musik dengan sistem surround sound, kamu dapat merasakan suara yang lebih mendalam, detail dan seolah-olah berada di dalam adegan atau lingkungan yang ditampilkan.


23. 50pin SCSI 2



50pin SCSI 2 cable for Work station atau printer Kabel scsi CN 50 pin male to male ini terutama digunakan untuk koneksi bus berkecepatan tinggi antara komputer kecil dan periferal cerdas seperti printer paralel, hard disk dan drive CD Rom, Transmisi kecepatan tinggi.


24. HDMI

Fungsi HDMI ialah untuk mentransfer audio dan video berdefinisi tinggi dari satu perangkat ke perangkat lainnya hanya dengan satu kabel saja. HDMI atau High Definition Multimedia Interface menjadi salah satu konektor yang paling banyak digunakan di dunia.


25. F-Connector

F-Connector adalah konektor RF koaksial yang biasa digunakan untuk televisi terestrial "over the air" , televisi kabel dan secara universal untuk televisi satelit dan modem kabel , biasanya dengan kabel RG-6/U atau dengan RG-59 /U kabel. 


26. Component Video

Component video adalah kabel video komponent analog sebagai penyalur gambar dari proses modulasi gambar dan warna yang lebih kompleks, namun orang awam biasa menggunakan kabel video komposit (yang berwarna kuning), tidak banyak yang mengetahui fungsi dari kabel YPbPr yang memiliki 3 warna (Hijau, Biru, Merah). 


27. S-Video

S-Video (singkatan dari separate video) adalah jenis sambungan kabel dan konektor untuk peralatan elektronik (TV, VCR, Laptop, dan DVD-player) yang terdiri dari 2 kabel sinyal: sinyal video/gambar analog, dan sinyal audio/suara. Kadang-kadang S-Video diartikan juga sebagai kabel Super-video atau sambungan S-VHS.


28. Composite Audio/Video

Sambungan video komposit menggunakan kabel RCA berujung kuning. Ia mengirimkan sinyal video analog di mana bagian warna dan hitam-putih ditransfer secara bersamaan.Sambungan ini telah ada selama beberapa dekade di TV, proyektor video, penerima home theater, kotak kabel/satelit, dan juga ditemukan sebagai sambungan sekunder pada pemutar/perekam DVD, dan bahkan pemutar Blu-ray Disc yang lebih lama.


29. AAUI

AAUI adalah desain ulang mekanis oleh Apple dari Antarmuka Unit Lampiran standar (AUI) yang digunakan untuk menyambungkan transceiver Ethernet ke peralatan komputer.AUI populer di era sebelum dominasi jaringan 10BASE-T yang dimulai pada awal tahun 1990an. AAUI merupakan upaya untuk membuat konektor lebih kecil dan lebih ramah pengguna, meskipun sifat kepemilikan antarmuka juga dikritik. 


30. Display port

DisplayPort dapat digunakan untuk mengirimkan audio dan video secara bersamaan, meskipun masing-masing bersifat opsional dan dapat ditransmisikan tanpa yang lain.


31. Mini-VGA

Mini-VGA adalah alternatif eksklusif non-standar yang digunakan pada beberapa laptop dan sistem lain sebagai pengganti konektor VGA standar , meskipun sebagian besar laptop menggunakan konektor VGA standar. Terlepas dari bentuknya yang ringkas, port mini-VGA memiliki kemampuan tambahan untuk mengeluarkan sinyal komposit dan S-Video selain sinyal VGA melalui penggunaan EDID. 


32. Mini-DVI

Digital visual interface (DVI) adalah port yang digunakan untuk menghubungkan perangkat layar, seperti monitor LCD atau proyektor, dengan perangkat output. DVI hanya mendukung koneksi antara perangkat digital-ke-digital.

Kelompok industri Kelompok Kerja Tampilan Digital (DDWG) mengembangkan DVI, yang dimulai sebagai cara untuk menyingkirkan sistem tampilan video lama berdasarkan teknologi analog. Data yang tidak terkompresi dikirim melalui DVI untuk ditampilkan pada perangkat tampilan tertentu.


33. Mini Displayport 

Mini DisplayPort adalah teknologi pasif dengan fungsi tunggal untuk mengirimkan sinyal audio/video dari sumber ke layar. Teknologi DisplayPort 1.2 dikenal dengan kemampuan kinerja luar biasa dengan dukungan video 4K penuh warna tanpa kompresi pada 60 Hz, audio multi-saluran, dan stereo 3D.


34. Mac Video

Dengan menggunakan mac video kita akan mudah mentransfer file, foto, dan data lainnya dari PC Windows ke Mac Anda. Bekerja dengan jenis file populer seperti JPEG, MP3, dan PDF, begitu juga dokumen Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Dan tentu saja, Anda dapat menjalankan Microsoft Office langsung di Mac.


35. Parallel port

Paralel port umumnya digunakan untuk menghubungkan perangkat scanner dan printer. Pada jenis port ini dapat mengirim data secara bersamaan sehingga informasi yang terkirim lebih banyak. Kecepatan transfer datanya juga lebih tinggi daripada port seri. Paralel port memiliki 25 pin atau lubang transmisi.


36. Micro-DVI

Port ini digunakan untuk menghubungkan sumber video ke perangkat tampilan video, seperti monitor komputer. Port DVI memiliki beberapa model seperti DVI-A (hanya analog), DVI-D (hanya digital), DVI-I (digital dan analog).


37. DMS59

( Dual Monitor Solution, 59 pin ) umumnya digunakan untuk kartu video komputer . Ini menyediakan dua output Digital Visual Interface (DVI) atau Video Graphics Array (VGA) dalam satu konektor. Kabel breakout gaya Y diperlukan untuk transisi dari output (digital + analog) ke DVI (digital) atau VGA (analog), dan terdapat berbagai jenis kabel adaptor. Konektornya memiliki tinggi empat pin dan lebar 15 pin, dengan satu pin hilang dari baris bawah, dalam cangkang berbentuk D, dengan sekrup. Pada Desember 2020 , kabel adaptor ini dianggap usang oleh vendor utamanya.


38. LFH60

Keunggulan adalah kemampuannya mendukung dua tampilan resolusi tinggi , seperti dua saluran digital DVI Single Link atau dua saluran analog VGA, dengan satu konektor berukuran DVI. Ukurannya yang ringkas memungkinkan kartu berukuran setengah tinggi mendukung dua layar beresolusi tinggi, dan kartu berukuran penuh (dengan dua konektor mendukung hingga empat layar beresolusi tinggi.


39. Apple Display Connector (ADC) 

ADC adalah port video yang dikembangkan oleh Apple untuk menggabungkan sinyal video, sinyal USB, dan daya dalam satu kabel. ADC digunakan untuk menghubungkan monitor LCD Apple, seperti Apple Cinema Display, ke komputer Macintosh.

ADC menggabungkan sinyal video digital, dua port USB (untuk perangkat tambahan seperti keyboard dan mouse), dan daya listrik dalam satu kabel tunggal. Ini membuat pengaturan monitor lebih bersih dan rapi, menghindari banyak kabel terpisah.

Salah satu fitur unik ADC adalah kemampuannya menyediakan daya listrik untuk monitor. Ini berarti monitor LCD Apple tidak memerlukan adaptor daya terpisah, yang mempermudah pengaturan.


40. Hi-Density

Port Hi-Density adalah port video yang digunakan untuk menghubungkan monitor CRT Apple ke komputer Macintosh. Port ini dirancang untuk mengirim sinyal video analog dari komputer ke monitor.

Port Hi-Density menggunakan kabel khusus yang terdiri dari beberapa konektor yang mencakup sinyal video dan audio. Ini memungkinkan penggunaan yang lebih efisien dalam menghubungkan monitor Apple ke komputer Macintosh.

Port Hi-Density mendukung berbagai resolusi video yang biasanya ditemukan pada komputer Macintosh, seperti 640x480, 800x600, dan 1024x768 piksel.





KOMENTAR

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lebar Jalur Pada Telekomunikasi

Tedy Haikal Amris

MATA KULIAH PRODI SISTEM INFORMASI PADA SEMESTER 1